Jumat, 31 Maret 2023

Sahabat Terbaik Anda - Anda

 Sahabat Terbaik Anda - Anda

Saya memiliki seorang teman, Maggie, yang telah menjadi teman saya sejak tahun 1968, dan dia menyebut saya sebagai teman "terbaik" sebagai cara menghargai hubungan kami. Itu selalu membuatku tersenyum, dan aku merasakan hal yang sama tentangnya. Seringkali, klien saya mengalami kesulitan untuk belajar menghargai dan memercayai diri mereka sendiri, dan menurut saya ungkapan Maggie harus diterapkan pada satu-satunya hubungan yang akan kita miliki sejak lahir sampai mati—hubungan dengan diri sendiri. Apakah Anda sahabat Anda sendiri?

Disadari atau tidak, hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri menentukan pola bagaimana Anda berhubungan dengan orang lain CreativEvent.id. Dengan mengembangkan cara pengasuhan untuk berhubungan dengan diri sendiri, Anda menciptakan pengalaman pribadi memberi dan menerima persahabatan. (Ini juga intip lanjutan buku terbaru saya, "Commuter Marriage: How to stay close when you're far apart")

Yang terbaik dari semuanya, Anda akan memiliki kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan pengambilan keputusan Anda saat Anda mengakui diri Anda sebagai sahabat Anda sendiri. Saat Anda merasa nyaman dengan dialog batin yang konstruktif, Anda dapat menciptakan sistem pendukung batin—Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam mengevaluasi pikiran, perasaan, dan pilihan Anda. Latihan berikut mengeksplorasi bagaimana Anda memperlakukan diri sendiri sebagai seorang teman dan mengembangkan penemuan Anda pada latihan sebelumnya.

Latihan Jurnal: Mengembangkan Persahabatan Batin

Keluarkan jurnal Anda dan temukan tempat yang nyaman di mana Anda tidak akan diganggu, dan tulislah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Bagaimana Anda berhubungan dengan diri sendiri?

• Apakah Anda mendukung diri sendiri?

• Apakah Anda mencari pendapat sendiri atau mengabaikannya?

• Apakah Anda secara sadar membicarakan keputusan dengan diri Anda sendiri sebelum Anda membuatnya, atau hanya mengkhawatirkannya secara sia-sia?

• Apakah Anda menikmati waktu bersama diri sendiri, atau menghindari kesendirian?

• Apakah Anda merayakan pencapaian dan kesuksesan Anda?

• Apakah Anda memotivasi diri sendiri untuk melakukannya dengan baik?

• Apakah Anda cenderung mengkritik semua yang Anda lakukan?

Tambahkan aspek lain tentang bagaimana Anda berhubungan dengan diri sendiri:

2. Bandingkan hubungan internal Anda dengan definisi persahabatan Anda. Anda mungkin kecewa saat mengetahui bahwa Anda memperlakukan diri sendiri dengan sangat berbeda dari cara Anda memperlakukan teman. Anda mungkin menepati janji kepada teman, tetapi sering mengingkari janji yang Anda buat untuk diri sendiri. Anda mungkin tidak memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan dan rasa hormat. Mungkin Anda secara mental "cerewet" atau mengkritik diri sendiri. Anda mungkin tidak pernah memutuskan kencan dengan seorang teman, tetapi tetaplah menunda waktu Anda dengan diri sendiri. Tes terbaik persahabatan Anda dengan diri sendiri adalah: Jika orang lain memperlakukan Anda seperti Anda memperlakukan diri sendiri, apakah Anda ingin menjadi temannya?

3. Menjadi teman bagi diri sendiri. Pada latihan sebelumnya, Anda telah menemukan jenis persahabatan yang Anda sukai. Sekarang setelah Anda membandingkan cara Anda menjalin persahabatan eksternal dengan cara Anda menjalin persahabatan internal, Anda memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan. Putuskan untuk memperbaiki cara Anda memperlakukan diri sendiri dan terapkan keputusan Anda dengan mengembangkan tiga cara sederhana yang Anda lakukan melakukannya.

Salah satu cara untuk melakukan tugas ini adalah dengan memperlakukan diri sendiri seperti Anda memperlakukan teman baik. Tanyakan pada diri Anda, "Apa yang akan saya lakukan untuk Maggie jika dia berada di posisi saya? Apa yang akan saya katakan padanya?" Kemungkinan Anda biasanya lebih baik padanya daripada diri Anda sendiri. Bagaimana Anda berbicara dengan teman Anda jika Anda pikir dia lupa melakukan sesuatu? Apakah Anda memperlakukan diri sendiri lebih kasar? Dengan membandingkan cara Anda memperlakukan diri sendiri dengan cara Anda memperlakukan teman, Anda akan mulai mengembangkan panduan yang jelas tentang cara menjadi teman bagi diri sendiri. Tuliskan ide-ide Anda tentang berteman dengan diri sendiri, dan wujudkan dalam tindakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar